5 Cara Bijak Mengatur Keuangan Untuk Orangtua Tunggal

Banyak alasan untuk menunda pembayarannya, hasilnya hutang tidak ada yang di bayar sepeser pun dan tentu kita yang merugi. Untuk bisa mengatur keuangan agar lebih baik, bukan hanya mengatur pengeluarannya tetapi jauh lebih baik juga untuk meningkatkan pemasukannya. Artinya jika bisa usahakan tidak mengandalkan hanya dari sumber satu penghasilan saja.

Mulai dari melakukan penghematan sampai dengan menyiapkan lebih banyak dana darurat yang bisa dipakai setap waktu. Keuangan pribadi merujuk pada pengaturan keuangan individu atau keluarga yang terdiri dari pengeluaran, investasi, tabungan, budgeting, perencanaan pensiun, asuransi, rencana KPR, dan lainnya. ‘Melek finansial’ akan membantu seseorang dalam membuat keputusan keuangan yang tepat, akurat, dan bermanfaat untuk masa depan keuangan mereka.

Banyak remaja berasumsi bahwa orangtua merekalah yang menanggung semuanya. Maka dari itu para remaja harus bisa mengatur keuangannya sendiri. Orang tua pun harus membantu anak mereka dalam mengatur keuangannya agar remaja bisa hidup lebih hemat dan mandiri. Baik, ini merupakan kebiasaan yang unik namun ampuh untuk mengatur keuangan secara bijak. Di zaman fashionable seperti ini, mungkin rekan-rekan Career Advice akan tercengang sambil mengatakan “Hah? Sekarang kan sudah zamannya cashless” ini benar, ada begitu banyak aplikasi yang dapat memudahkan rekan-rekan pembaca melakukan pembayaran tanpa menggunakan uang tunai .

Peserta yang dinyatakan lolos seleksi wajib mengikuti program pendidikan selama 1 tahun dan ikatan dinas selama 2 tahun.

Mengatur keuangan

Dengan mengatur pendapatan secara lebih baik dan bijak, Anda pun bisa merasa lebih tenang. Meskipun demikian, cara mengatur keuangan dasar yang dapat menghilangkan stres sebetulnya memiliki beberapa persamaan. Berikut lima hal yang harus Anda perhatikan dalam menyusun rencana keuangan. Disadari atau tidak, hubungan antara kesehatan finansial Anda dengan kondisi kejiwaan bagaikan lingkaran setan. Kondisi kejiwaan yang tidak stabil akan menyulitkan Anda dalam mengatur keuangan, di sisi lain ketidakmampuan Anda dalam mengatur cash circulate juga akan memengaruhi kesehatan mental. Hal ini merupakan bagian terpenting dari cara mengatur keuangan usaha, yaitu dengan membuat budgeting.

Belum lagi mendaftarkannya ke berbagai kursus untuk meningkatkan potensi buah hati. Misalnya menghentikan kebiasaan nongkrong di café, nonton di bioskop setiap pekan, atau berbelanja pakaian setiap bulan. Agar niat menabung terealisasi, setiap bulan saat menerima gaji segera sisihkan sekian persen untuk ditabung.