Apa Itu Dropshipping?

Misalnya, Anda ingin membuka toko online dengan kategori produk superhero Marvel. Produk terdiri dari baju, case handphone, gantungan kunci dan lainnya. Tidak perlu membeli banyak barang karena cukup posting foto produk, promosikan dan tunggu pemesanan dari pembeli. Sistem dropshipping sangat mudah untuk dijalankan khususnya untuk anda yang masih baru di bisnis on-line. Pilih provider yang responnya cepat itu sangat penting, karena dari komunikasi yang lancar Anda jadi cepat tanggap membalas semua pertanyaan konsumen tentang produk yang dijual. Pertama, pastikan kualitas produk dari supplier berkualitas terbaik bukan yang abal-abal.

DropShipping

Meskipun awalnya menargetkan pasar Indonesia, Deb dan Guo memutuskan untuk membuat kantor pusat perusahaan di Singapura, karena “lebih cocok untuk aspirasi perusahaan dalam skala regional. Juga, hub yang sesuai untuk produk, teknologi, dan fungsi pemasaran karena kumpulan bakat yang luas, ”kata Deb. Setelah menelusuri statistik pengguna Instagram, ia memutuskan untuk memulai di Indonesia, karena memiliki pangsa pengguna wanita yang lebih tinggi dibandingkan dengan India. “Di sini adalah tempat yang perfect untuk membangun jaringan sosial yang diberdayakan perempuan di mana perempuan dapat membeli dari satu sama lain. Ini adalah sesuatu yang ingin saya kerjakan selama 15 tahun ke depan dalam hidup saya,” kata Deb. Usai sudah pembahasan kami mengenai platform dropship terbaik untuk lokal dan pada skala internasional, semoga Anda dapat menemukan platform dropship terbaik Anda dan salam sukses.

Ketika akan memulai, sebaiknya lakukan penelitian terhadap barang apa yang sedang ramai dan laku di pasaran. Ini sangat penting untuk memahami pola perilaku konsumen, jadi tidak hanya mengandalkan satu barang jualan saja. Karena tren konsumsi masyarakat cenderung dinamis dan berubah-ubah. Contohnya pada bisnis trend dimana, hampir setiap tahun pasti ada tren baru. Kamu nggak perlu keluar rumah untuk menjalankan bisnis, kamu bisa melakukannya hanya dari rumah dengan memanfaatkan smartphone dan layanan web yang kamu miliki. Bahkan kamu bisa melakukan bisnis ini sambil mengerjakan pekerjaan lainnya.

Berikut kami akan menjelaskan satu per satu, agar kamu yakin untuk memulai bisnis dropship kamu. Produk yang dipilih haruslah memiliki nilai baik bagi pembeli maupun penjual. Karena itulah, Anda perlu memastikan jika produk yang akan ditawarkan membawa keuntungan dan industrinya memiliki masa depan yang bagus. Modal usaha kecil – Anda tidak perlu memikirkan biaya persediaan barang atau mempekerjakan orang untuk mengelola bisnis ini.

Anda dapat memilih untuk mengirim pesanan pelanggan dengan alamat pengirim dan faktur yang disesuaikan. Pengaturan ini membuat pesanan menjadi seolah-olah dikirim langsung dari tempat bisnis Anda. Pelanggan tidak mengetahui adanya perantara dalam proses tersebut. Melalui proses yang sedemikian rupa, Anda telah menghemat biaya sertamenghindari kerumitan inventaris. Dengan begitu, Anda tinggal berbagi persentase margin keuntungan dengan mitra grosir.

Selain itu, Agan tidak perlu khawatir untuk menyewa gudang maupun stockroom. Jika Agan ingin memulai bisnis baru atau mengembangkan bisnis Agan saat ini, dropshipping mungkin adalah bisnis yang sempurna untuk memulai. Agan tidak perlu khawatir tentang berinvestasi dalam manajemen inventaris atau menyewa gudang, atau mengirimkan paket. Di sini, Anda hanya perlu membayar untuk produk yang Anda jual. Hal yang perlu Anda lakukan hanya memasarkan dan melayani pelanggan. Setelah menyelesaikan suatu produk dan mengantre pemasok, saatnya Anda mulai menjual dan menghasilkan uang.

Kunci pertama dari metode ini adalah pemilihan media sosial dimana kita akan berjualan. Berbeda dengan mastah-mastah Shopify yang selama ini menggunakan Facebook Fan Page, ketika menggunakan metode ini media terbaik yang bisa kita gunakan adalah Instagram. Bedanya, reseller membeli dan menyetok barang dari supplier dan mengambil keuntungan dari margin antara harga beli dari provider dengan harga jual ke pelanggan. Dengan menempuh metode dropship Anda juga terbebas dari biaya sewa toko, modal awal untuk membayar inventory barang, serta resiko kerusakan akibat penyimpanan produk yang tidak laku dipasaran. Bahkan, Anda bisa menawarkan produk kepada calon pelanggan meskipun produknya belum ada di tangan.

Namun, dengan dropshipping, sebagian besar pekerjaan ditanggung oleh pemasok yang memungkinkan Agan meningkatkan skala bisnis Agan dengan pekerjaan tambahan yang lebih sedikit dan tekanan yang lebih sedikit. Ini tidak terjadi dengan Affiliate Marketing; terkadang, Agan harus melakukan pekerjaan berat. Affiliate Marketing hanya mendapatkan komisi untuk mempromosikan produk atau layanan yang bukan milik Agan. Dropshipping bekerja dengan cara yang sama tetapi dalam konteks yang berbeda.