Jangan Boros, Ini 5 Tips Mengatur Keuangan Di Masa Pandemi

Pemborosan keuangan cenderung terjadi ketika menggunakan uang untuk mengikuti keinginan, padahal keinginan belum tentu menjadi kebutuhan. Cara terbaik untuk menggunakan pendapatan yang kecil adalah membuat rencana belanja bulanan dengan menggunakan anggaran yang tertulis. Belanjakan uang sesuai dengan rencana yang telah disusun tersebut. Ketika sudah waktunya membeli apa yang dibutuhkan, Anda sudah memiliki anggaran untuk berbelanja. Namun jangan menggunakan uang melebihi anggaran yang telah disusun, karena uang yang tersisa sudah dialokasikan untuk kebutuhan lainnya.

Mengatur keuangan

Belanja barang elektronik, atau barang konsumsi lain yang nilainya lumayan besar, memang biasa kita lakukan di masa perayaan. Cuma, belanja semacam ini tentu tak bisa kita lakukan sepanjang tahun. Karena itu, kamu tak cuma harus “puasa” belanja konsumtif semacam ini, tetapi juga harus kuat menghadapi godaan iklan. Meski tidak bisa ke mana-mana dan tidak bisa mudik, pasti ada saja terbersit keinginan untuk belanja baju atau sepatu Lebaran.

Penghasilan sebesar apapun tidak akan pernah cukup memenuhi kebutuhan jika kamu tidak tahu cara mengatur keuangan. Orang kaya sekali pun akan mengalami masalah finansial jika tidak tahu cara mengatur keuangan pribadi dengan baik. Inilah mengapa mengelompokkan kebutuhan yang paling penting hingga yang tidak begitu perlu wajib dilakukan.

Catat pengeluaran lain-lain dan cobalah untuk meminimalkan apa pun yang dirimu bisa. Sebab, bentuk promosinya dilakukan secara on-line dan bisa masuk dari channel manapun seperti laptop dan smartphone. Mulai dari bentuk notifikasi di situs dan aplikasi, iklan di Google dan Facebook, media sosial, dan lain sebagainya. Dalam kaitannya dalam sedekah tenaga, anda bisa misalnya ikut dalam pembangunan rumah ibadah. Dalam sedekah waktu, anda bisa melakukannya dengan menyempatkan diri berdoa, atau mendoakan orang yang sedang sakit.

Teliti lagi dalam menentukan prioritas supaya terhindar dari pengeluaran yang tidak diperlukan dan membuatmu gagal menghemat anggaran. Diperlukan penentuan prioritas untuk segala bentuk pengeluaran supaya alokasi dana tidak terhamburkan untuk hal yang tidak mungkin. Seorang perencana keuangan, Budi Rahardjo, mengatakan bahwa dengan memastikan pondasi keuangan, maka kita akan lebih mudah menjalani bulan Ramadan. Beri pengertian bahwa mereka mungkin tidak bisa memiliki mainan seperti playstation atau gawai seperti teman-temannya.

Di tengah pandemi, ada baiknya meluangkan waktu untuk meningkatkan keahlian. Apalagi untuk orang-orang yang saat ini memiliki lebih banyak waktu senggang dan juga untuk mereka yang tidak memiliki gelar sarjana agar menempuh pendidikan, jelas Cole-Davis. Menurutnya, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghemat pengeluaran adalah dengan mempertimbangkan mencabut atau menghentikan beberapa langganan seperti TV kabel sampai keanggotaan health club. Kehadiran wabah mematikan itu bukan hanya telah memaksa orang-orang untuk menerapkan gaya hidup sehat, tapi juga untuk lebih pandai dalam mengatur ekonomi.

Kebutuhan primer yang terdiri dari sandang, pangan, dan papan tentunya harus dipenuhi terlebih dahulu karena merupakan kebutuhan yang bersifat darurat atau kebutuhan dasar. Kemudian, kebutuhan sekunder tetap dibutuhkan untuk menghilangkan rintangan dan kesukaran. Sementara itu, kebutuhan tersier lebih mengarah kepada kemewahan atau kebutuhan yang dapat melengkapi hidup dan menghiasi hidup. Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta suggestions terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup. Produk asuransi lainnya yang juga penting untuk dimiliki adalah asuransi jiwa murniFlexi Life, di mana jumlah uang pertanggungan dan harga preminya bisa ditentukan sendiri oleh nasabah.