Ramalan Zodiak 23 Juni 2021 Untuk Sagitarius, Keuangan Kamu Lagi Stabil, Coba Untuk Tidak Boros

Taruh dana ini di rekening terpisah dan jangan dicampuradukkan dengan dana operasional bulanan. Pedoman cara mengelola keuangan rumah tangga dengan rumus 1234 adalah 10% untuk investasi, 40% operasional, 30% bayar cicilan , 20% tabungan dan dana darurat. Terkadang karena arus kas yang kurang lancar, saldo di rekening usaha tidak mencukupi untuk membayar biaya operasional sehingga mencampurkan keuangan pribadi dalam laporan keuangan perusahaan.

Untuk investasi, kamu bisa menanamkan uangnya di beberapa instrumen investasi seperti deposito, reksadana pendapatan tetap atau emas. Instrumen investasi tersebut cukup likuid sehingga memudahkan kamu untuk mencairkannya saat ada kebutuhan mendesak. Risiko investasinya juga relatif rendah namun tetap bisa memberikan pertumbuhan nilai yang lumayan. Jika semua keinginan untuk berbelanja diikuti tanpa mempertimbangkan kebutuhan dan prioritasnya, uang yang kamu miliki mungkin tidak akan cukup untuk menghidupi keluarga hingga akhir bulan.

Nah, jika kamu tidak ingin kehabisan uang di saat tanggal tua, cobalah untuk mengontrol diri dalam memilih makanan yang dimakan. Ingat kamu harus dapat mengatur intensitas keinginan kamu jika memang merasa uang yang dimiliki ingin diporsikan untuk hal-hal yang lebih penting di masa depan. Saat menerima gaji, segera alokasikan gaji berdasarkan kebutuhan dan tagihan selama sebulan. Setelah membayar semua tagihan, sisihkan 10% dari gaji Anda untuk ditabung.

Dengan begitu, uang tabungan kamu akan aman dan tidak tercampur dengan pengeluaran keperluan sehari-hari. Rekening yang ditujukan untuk menabung sebaiknya jangan dibuat fasilitas kartu debit supaya kamu tidak tergoda untuk melakukan pengeluaran dari rekening tersebut. Dalam situasi krisis ini, Anda harus pintar mengatur anggaran keuangan jika tidak ingin kondisi keuangan Anda bermasalah.

Mengatur keuangan

Yang paling penting adalah menyesuaikan ketersediaan dana dengan pengeluaran sebaik mungkin. Untuk menghindari lifestyle tersebut, saat berbelanja kebutuhan bulanan, sebaiknya kamu membuat record keperluan yang harus dibeli. Dengan daftar belanjaan, kamu akan fokus pada barang-barang yang dibutuhkan dan terhindar dari gaya hidup boros. Seseorang bisa disebut generasi sandwich ketika ia harus memenuhi kebutuhan dirinya, orangtua, saudara kandung hingga keluarga kecil yang telah dibina.

Mungkin kebiasaan menggunakan kartu kredit akan sulit untuk ditinggalkan. Anda bisa menguranginya dengan perlahan, dengan begitu kebiasaan menggunakan kartu kredit bisa berkurang dengan baik. Dengan begitu, uang yang ingin di tabung tidak habis terpakai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dengan begitu Anda bisa lebih mudah untuk menabung, sebab sudah merencanakan jumlah nominal yang akan sisihkan.

Kalau kamu punya keahlian yang dibutuhkan orang banyak, tidak akan sulit untuk mencari pekerjaan sampingan yang menghasilkan. Optimalkan pula penggunaan media sosial untuk mempromosikan keahlianmu dan berjejaring dengan banyak orang. Karena kondisi keuangan yang saat ini sedang tidak stabil, TemanBaik harus bisa berhemat dengan membedakan antara kebutuhan atau sekadar keinginan. “Kamu bisa berkomitmen untuk menyisihkan dana pensiun kembali setelah situasi membaik,” ungkapnya. Bicara Covid-19 kaitannya dengan ekonomi, kurang lengkap rasanya jika tak mengulas dampak keuangan bagi masing-masing individu.