Sekda Tegur Langsung Pemilik Usaha, Bubarkan Kerumunan Ojek On-line

Di tengah zaman WijongChoksa atau krisis kepercayaan masyarakat terhadap Dinasti Joseon, keengganan mengadopsi sains dan teknologi ala Barat ditentang banyak pihak, terutama para intelektual. Terlebih usai Barat berhasil memaksa Korea membuka diri untuk perdagangan pada 1876, para penentang melihat bahwa sains dan teknologi ala Barat terbukti membuat negara yang memanfaatkannya unggul serta mampu memperkuat pertahanan. Para penentang pun terkesan dengan kesuksesan Jepang memperkuat diri melalui Restorasi Meiji, dilakukan melalui pengadopsian sains dan teknologi Barat. Lebih dari empat dekade usai buku itu terbit, waktu yang memisahkan Jepang dengan kejayaan mutlaknya tak kunjung berakhir. Di bidang pertelevisian, misalnya, kekuatan Jepang menguasai ‘kotak ajaib’ luntur manakala Panasonic, Mitsubishi, dan Hitachi menyerah memproduksi teknologi ini beberapa tahun lalu.

Memimpin suatu usaha baru

Dengan menyadari latar belakang budaya semacam itu, maka seorang raja Jawa berpendidikan Barat tidak mau lagi sekadar menjalankan praktik administrasinya berdasarkan laporan-laporan dari para bawahan semata-mata. Demikianlah, Sultan Hamengkubuwono IX disebut-sebut sering melakukan praktik “njajah desa milang kori” (masuk-keluar kampung seakan-akan menghitung jumlah pintu rumah) untuk melihat langsung kondisi kehidupan rakyat dan mendengarkan aspirasi rakyat. Mengapa gaya kepemimpinan blusukan itu dikaitkan dengan efektivitas kepemimpinan? Alasan pertama berkaitan dengan latar belakang budaya tradisional yang masih mewarnai Republik Nusantara modern ini.

Tetapi dalam e-leadership, kantor di lokasi tertentu tidak diperlukan, mereka dapat berkomunikasi satu sama lain bahkan dari jarak satu tempat ke tempat lain, dari satu negara ke negara lain. Gaya kepemimpinan otokratis menempatkan seorang pemimpin yang dominan dalam berbagai keputusan dan tindakan. Dengan kata lain, pemimpin memiliki kekuasan mutlak dan nyaris tidak ada celah bagi bawahan untuk memberikan masukan. Pengertian kepemimpinan juga harus mengikutsertan hubungan yang erat antar anggota. Seorang pemimpin memikul tanggung jawab yang besar atas pekerjaan timnya.

Namun, yang terpenting tunjukkan semangat Anda dalam perbuatan, bukan cuma kata-kata motivasi di mulut saja.

Ketika membangun bisnis klinik kesehatan, Anda tidak akan terlepas dari kompetisi pasar. Setiap klinik akan berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan terbaik guna menjaring loyalitas pasien. Ada pula yang memberikan fasilitas ekstra sehingga menambah kenyamanan pasien. Anda harus melakukan berbagai upaya demi membuat pasien meyakini bahwa sistem pengobatan sudah best dan sesuai standar. Untuk itu, tenaga medis dan tenaga kesehatan yang praktik di klinik ini pun harus benar-benar terjamin kualitasnya. Beberapa orang menghargai perusahaan yang sibuk, sulit ditantang dan tidak memiliki daya tarik.

Seorang wirausaha pada dasarnya adalah orang yang memimpin sebuah usaha, meskipun tidak punya pekerja. Maka kemampua mengatur jalannya usaha adalah sebuh keterampilan yang sangat dibutuhkan dalam wirausaha. Seorang pelaku bisnis yang baik selalu memiliki insiatif agar mampu memberikan solusi bagi permasalahan pelanggan terhadap bisnisnya. Para pebisnis yang memiliki leadershiptentunya mau terlibat dalam proses bisnis yang berkaitan dengan perbaikan dan penyelesaian masalah. Selain itu juga tetap mampu mendorong semua bagian dalam bisnis untuk tetap bersemangat dalam menyelesaikan tugasnya.