Strategi Bangun Bisnis Bareng Sahabat Agar Tidak Ribut

Bisnis juga harus menerapkan metode diversifikasi atau pembeda. Usahakan agar goal penjualan diarahkan ke pelanggan yang bervariasi. Hal ini akan meminimalisir risiko tidak lakunya produk atau jasa yang ditawarkan. Dalam berbisnis, konsumen merupakan target penting yang harus dibidik. Apabila dalam meraih pelanggan masih dalam titik lemah, dapat dikatakan bahwa bisnis memerlukan effort lebih untuk dikembangkan.

Menjalankan bisnis dengan teman

Salah satunya adalah dengan membangun bisnis sambil berkuliah alias menjadi pengusaha muda. “Saya tidak punya uang untuk modal menjadi pengusaha sukses, tapi saya punya ide dan kreatifitas untuk modal menjadi pengusaha sukses”. Tekad dan semangat pantang menyerah perlu ditanamkan dalam diri setiap orang yang ingin sukses dalam berbisnis.

Kalau kita ngomongin risiko, berbisnis bareng orang yang tidak dikenal jauh lebih berbahaya. Hubungan pertemanan yang dipertaruhkan menjadi risiko bisnis bareng teman yang kerap menghantui. Bukan hanya bisnis yang gagal, bisnis yang sukses pun tidak lepas dari risiko ini. Lihat saja, berapa banyak hubungan pertemanan yang hancur karena perebutan kekuasaan dan keuntungan dari sebuah usaha yang sukses. Pepatah “tak ada teman dalam bisnis” seolah sangat melekat, sehingga tidak sedikit yang menghindarinya.

Lebih penting lagi, cara inilah yang dipakai agar Anda bisa mempertahankan standar kualitas bisnis. Minimal, persiapkan draf kasar untuk hal-hal yang berhubungan langsung dengan operasional toko dan pembuatan produk. Dengan begitu, Anda bisa menentukan berapa pegawai yang dibutuhkan dan apa saja tugasnya dengan lebih tepat. Hanya saja langkah itu terlalu berisiko untuk bisnis mikro, kecil, dan menengah. Daripada membayar orang untuk menghitung dan membuat rencana anggaran, akan lebih baik kalau Anda belajar melakukannya sendiri. Menemukan lokasi strategis mungkin membuat Anda tak sabar membayar sewa tempat.

Saat membuka usaha espresso shop, biasanya ada beberapa izin yang harus kamu dapatkan. Setiap kota biasanya punya syarat-syarat yang berbeda untuk mendapatkan izin tersebut. Mulai dari SITU, IMB, SIUP, NPWP, Izin Gangguan, AD/ART, dan Izin Keramaian dari kepolisian. Buat kamu yang jurusannya desain grafis, atau punya bakat mendesain, manfaatkanlah keahlianmu untuk bisnis mahasiswa yang satu ini.

Kemungkinan adanya kegagalan atas bisnis yang kamu jalani mungkin ada, tapi tentu hal ini jauh lebih baik daripada kamu cuma berdiam diri tanpa berkreasi selama berkuliah. Dari kegagalan yang dirasakan, tentunya membuat kamu lebih mandiri dan lebih kooperatif dalam menjalankan bisnis ke depannya. Jadi, saat menemui ‘jalan buntu’di masa depan, kamu bisa menghadapinya dengan pembelajaran yang didapat dari kegagalan sebelumnya. Apa yang membuat Apple bisa sukses dengan iPod dan iPhone-nya? Mereka bisa membangun pasar baru yang belum dipikirkan orang lain, mereka membuat inovasi baru, mereka mencari celah2 dimana konsumen belum puas dengan produk yang ada. Mereka membangun kekuatan merek dan loyalitas pelanggan, kebanggaan memakai produk mereka, gengsi dan gaya hidup.