Sudah Dapat Thr, Yuk Lakukan Cara Ini Biar Tidak Boros

Namun, ada satu pangkal dari itu semua, yaitu hidup menjadi lebih bahagia! Maksud dari pernyataan di atas adalah, kondisi keuangan akan menjadi lebih stabil karena dikelola dengan baik. Anda sudah berhasil mengelola pengeluaran dan pemasukan dengan baik.

Bersyukurlah kamu jika tidak terdampak pandemi secara langsung dan masih mendapat pemasukan secara regular seperti biasa. Namun, ingat ya, tetap hemat dalam mengelola keuangan dan sisihkan lebih banyak untuk ditabung demi mengantisipasi hal-hal buruk di masa mendatang. Apabila saat ini kamu masih memiliki pemasukan tetap, ada baiknya menyisihkan dana di luar tabungan untuk dijadikan sebagai dana darurat. Besaran dana darurat berbeda setiap orang tergantung dari pengeluaran bulanannya. JAKARTA, iNews.id – Selama masa pandemi Covid-19, masyarakat terpaksa untuk menerapkan gaya hidup bersih.

Tips agar bisa menabung setiap hari ini termasuk sebagai cara yang mudah dan gampang dilakukan di masa pandemi. Meskipun cara satu ini seperti ideas menabung yang dilakukan ketika kamu masih kecil, namun tak ada salahnya untuk mencoba selama masa pandemi. Untuk itu, kamu pun tidak boleh menganggap uang receh adalah uang yang sepele. Hal ini dikarenakan apabila uang tersebut dikumpulkan menjadi satu dalam waktu yang lama, tak menutup kemungkinan memiliki nilai yang fantastis. Dengan begitu, apabila terdapat kelebihan ataupun sisa dari biaya anggaran maka kamu bisa memasukkannya ke dalam tabungan harian. Untuk itu, ketika kamu telah membuat anggaran setiap bulannya, maka janganlah untuk mencoba menghancurkannya dengan membeli barang yang tidak penting dan tidak dibutuhkan.

Pastikan Anda mengetahui batas beban maksimal kendaraan agar tidak terjadi hambatan angin yang bisa memperlambat kecepatan kendaraan. Jika kendaraan berjalan lambat, maka akan sulit berakselerasi dan membutuhkan tenaga yang lebih untuk bergerak, demikian juga konsumsi BBM nya. Perawatan kendaraan harus rutin dilakukan untuk menjaga kondisi kendaraan tetap prima.

TIdak boros di masa pandemi

Berbeda dengan kehidupan di period sebelum pandemi, anggaran pengeluaran selama wabah akan berubah. Karena akses keluar rumah dibatasi, orang-orang akan menganggarkan uangnya secara lebih untuk membeli bahan makanan. Bahkan di Amerika dan negara lain terjadi yang namanya panic shopping for. Liputan6.com, Jakarta Pandemi membuat semua kegiatan harus dilakukan di rumah saja.

Jika Anda memiliki tanggungan kredit, ada baiknya utamakan untuk membayar utang terlebih dahulu. Pastikan tidak ada tunggakan utang karena hal ini akan memberatkan Anda untuk kedepannya. Tips mengalokasikan THR di masa pandemi yang ketiga adalah menunaikan zakat. Zakat termasuk rukun Islam wajib yang harus dipenuhi oleh umat Islam. Karena tiap harta yang kita dapatkan terdapat hak fakir miskin dan anak yatim. Sebagai contoh, Anda membutuhkan laptop computer untuk bekerja, tapi tiba-tiba laptop computer rusak atau hilang.

Mengelola keuangan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan ekonomi keluarga. Terlebih dalam situasi pandemi Covid-19 yang menyebabkan adanya peningkatan biaya hidup. Tidak dapat dipungkiri bahwa wabah ini sangat mempengaruhi manajemen keuangan banyak orang. Bukan kebiasaan dan gaya hidup seseorang saja yang berubah, tetapi cara mengatur keuangan pribadi juga ikut berubah mengikuti tatanan hidup baru/new regular. Mulai dari melakukan penghematan sampai dengan menyiapkan lebih banyak dana darurat yang bisa dipakai setap waktu.