Suggestions Memilih Teman Bisnis Untuk Anak Muda

Untuk memulai bisnis dengan modal kecil, memang ada baiknya Anda mengandalkan kemampuan diri sendiri terlebih dahulu untuk menjalani bisnis. Sebab, merekrut karyawan sama dengan mengeluarkan uang lebih untuk membayar gaji mereka. Cobalah untuk menegosiasikan harga dan bila perlu, jalinlah kemitraan dengan provider tersebut agar Anda tidak perlu khawatir akan pasokan bahan baku bisnis Anda di masa depan. Hal selanjutnya yang harus dilakukan setelah menentukan jenis bisnis dan melakukan riset pasar adalah mengalokasikan modal bisnis dengan tepat.

“Nah ini yang memungkinkan teman mendapatkan gaji, karena selain modal di awal, dia juga memberikan tenaga, pikiran keluar uang transportasi untuk ke tempat usaha. Harus ada hitungan gaji,” imbuh dia. Mulai dari masalah perbedaan pendapatan saat rapat, kekecewaan karena pekerjaan, hingga masalah private antara Anda dengan sang teman. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk berbisnis bareng teman Anda, pikirkan juga risiko-risiko yang mungkin timbul. Dengan begitu, Anda akan lebih siap menanggung setiap masalah yang mungkin bakal terjadi ke depannya. Selain modal dan ability, kita juga bisa saling bertukar pikiran jika usaha mengalami kendala, sehingga solusi masalah terasa lebih ringan. Karena pemikiran dua orang atau lebih jika digabung dalam menyelesaikan masalah akan lebih mudah.

Menjalankan bisnis dengan teman

Sebisa mungkin untuk mencatat semua kesepakatan dengan rekan bisnis dalam kontrak perjanjian secara resmi atau hitam di atas putih. Salah satu yang paling jadi perhatian adalah menyangkut pembagian keuntungan. Bicarakan di awal terkait hal tersebut, masing-masing pihak harus mendapatkan keuntungan yang berimbang yang didasari atas penyertaan modal dan kontribusi lainnya. Membangun chemistry tak hanya menyangkut soal kedekatan secara private, namun juga terkait tujuan dari membangun bisnis bersama-sama. Meskipun berbeda dalam hal pemikiran, namun setidaknya harus menyamakan visi dan misi. Selain itu, tak semua teman bisa cocok diajak untuk menjalankan bisnis bersama-sama.

Maka begitu Anda mempersiapkan produk, sumber daya dan lokasi, beranikan diri untuk menawarkan produk Anda. Dengan kata lain berani menanggung resiko apabila tidak ada yang memperhatikan atau malah mencemoohkan produk yang Anda tawarkan. Buktikanlah kepada pelanggan bahwa apa yang Anda pasarkan itu dibutuhkan dan menjadi solusi atas permasalahan yang ada. Terakhir, hal yang perlu diperhatikan dalam berbisnis bersama teman adalah pembagian laba. Ya, pembagian keuntungan usaha memang selalu krusial karena bisa menjadi perdebatan dan mungkin juga pertikaian. Maka dari itu untuk bisa menghindari kemungkinan buruk tersebut, Anda mau tak mau memang harus membuat standar baku dan aturan yang jelas.

Cari tahu atau tanyakan juga sedetail mungkin agar kita juga memiliki gambaran dan keputusan yang jelas dan tepat dalam menilai calon associate bisnis. Tak lupa juga untuk memastikan komitmen dari associate bisnis tidak merugikan kita dikemudian hari. Pertanyaannya adalah, ketika melihat diri kita sebagai sesuatu yang unik terus apanya yang dapat dijadikan modal?

Dengan begitu, kamu bisa terus menyesuaikan produk dengan kebutuhan pasar dan tidak ditinggalkan oleh pelanggan-pelangganmu. Setelah modal dihitung secara terperinci, maka Anda haruslah menentukan produk apa yang harus dijual atau ditawarkan ke pasaran. Tidak menjadi masalah ketika Anda menjual produk yang sebelumnya ada di pasaran. Akan tetapi, buatlah produk tersebut unik dan beda dari yang lainnya. Selanjutnya, Anda harus mempelajari administrasi bisnis dengan baik. Misalnya saja membagi modal untuk sektor apa saja, menghitung laba rugi, dan kegiatan administrasi lainnya.

Sangat cocok untuk ibu rumah tangga, mahasiswa, maupun karyawan yang ingin membuat stok bahan makanan di dalam kulkas. Sebaiknya dikerjakan satu atau dua orang karyawan untuk membantu melancarkan usaha ini. Sebab, melayani seluruh konsumen sendirian dapat membuat kamu menjadi kewalahan nantinya.

Masing-masing melaporkan apa yang sudah dikerjakan, kendala, dan kemajuan dalam bisnis mereka. Ini bagian yang sulit, karena sesama teman biasanya sungkan menilai dan mengkritik. Menurut Aidil, biasanya uang gaji bisa diperhitungkan jika usaha mulai berjalan lancar dan mulai mendapatkan revenue yang stabil. Setelah stabil, maka harus disegerakan pembagian keuntungan yang adil dan pembayaran gaji. Menyatukan dua ide pemikiran dari dua pribadi yang berbeda tentunya akan terasa sulit.